Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lonomia Abliqua Ulat Paling Berbahaya Di Dunia

http://anehdidunia.blogspot.com

Di hutan hujan Brasil selatan Ada hewan yang sangat menakutkan, bukan dari bentuknya, besarnya Atau ganasnya, melainkan dari racunnya, yaitu ulat Lonomia Abliqua - dijuluki badut "malas" dari dunia serangga,  Ia adalah ulat sutra raksasa dari spesies Saturniid dari Amerika Serikat. Sayangnya sahabat anehdidunia.com, seperti "The Joker" dari seri Batman, tidak ada yang lucu tentang ulat ini. 

Cukup bersentuhan dengan bulu berduri makhluk ini dan anda dapat mengalami pendarahan internal besar-besaran, gagal ginjal, dan hemolisis. Dengan kata lain, menyentuh sekaligus (seperti yang umum) sama dengan kematian. Lebih buruk lagi, ulat ini memiliki tubuh yang "samar" dan dengan mudah menyatu dengan kulit pohon.

Ulat Lonomia disebut sebagai ulat paling mematikan di dunia. Setiap ulat bulu memiliki racun di ujung bulu-bulunya sebagai mekanisme pertahanan diri, namun racun ulat ini memiliki dampak pada kesehatan manusia, terutama darah, otak dan jantung.

racun ulat Lonomia bisa mengencerkan darah manusia. Dalam beberapa kasus, racun ini bisa dimanfaatkan sebagai praktek medis anti-koagulan. Namun di sisi lain, ulat ini bisa menunjukkan gejala hematoma (memar) atau mirip gangrene (jaringan kulit mati karena kurang darah).


Lonomia obliqua memiliki racun mematikan yang menyebabkan koagulasi intravaskular diseminata dan koagulopati konsumtif. Agen pengencer darah dalam racun ulat akan menempel ke protein lain dalam sel tubuh dan menyebabkan kebocoran, yang kemudian berujung menjadi memar. Kebocoran internal ini dapat menyebar melalui organ internal dan pada akhirnya akan menjadi kompresi dan mati otak.

Sekitar 500 kematian terjadi akibat Lonomia tiap tahunnya di Amerika Selatan. Namun untuk menjadi mematikan, seseorang harus tertusuk setidaknya 20 hingga 100 kali karena hanya dalam sekali tusuk hanya sedikit racun yang masuk ke dalam darah